Pages

Subscribe:

Rabu, 12 Maret 2014

Prinsip Administrasi Suatu Lembaga

Untuk menjadi staf administrasi yang baik kinerjanya, Anda bukan hanya punya tugas yang didasarkan pada konteks catat mencatat, surat menyurat, maupun kegiatan pembukuan saja. Namun seorang staf administrasi yang baik juga harus mematuhi beberapa prinsip yang diciptakan dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan secara bersama. Berikut prinsip-prinsip yang mesti dipatuhi seorang staf administrasi yang baik.



1. Administrasi terdiri atas dua orang atau lebih.

Kegiatan yang berhubungan dengan administrasi wajib dilakukan oleh dua orang atau lebih. Hal itu disebabkan oleh harus adanya transparasi yang membuat perusahaan mengetahui dengan benar berbagai pembukuan dan kegiatan yang masuk dan keluar di dalam ruang lingkup perusahaan.

Dengan dua orang atau lebih, kegiatan administrasi juga akan lebih terorganisasi karena adanya tindakan yang memuat visi dan misi yang sama antara orang-orang dalam kelompok administrasi tersebut.

2. Kerjasama

Sejatinya prinsip kerjasama tidak hanya diperlukan dalam bagian administrasi saja, melainkan untuk bagian apapun yang bersifat kelompok. Karena administrasi yang baik mesti dilakukan oleh sekurang-kurangnya dua orang, maka di sini diperlukan kerjasama antar anggotanya.

3. Proses Usaha


Adanya proses dalam melakukan usaha dituntut untuk dipatuhi oleh para pegawai administrasi. Dengan kegiatan yang terperinci, perusahaan juga akan lebih mudah melakukan kebijakan lainnya yang bertendensi dalam memajukan perusahaan.
4. Bimbingan

Prinsip bimbingan ini diperlukan untuk menjaga agar tidak ada semacam garis batas antara pegawai senior dengan pegawai junior. Para pegawai akan bekerja sama melakukan tugas staff administrasi dengan baik apabila disertai dengan bimbingan yang baik pula dari atasan perusahaan.

Bimbingan ini juga mampu meningkatkan kinerja pegawai dan mempererat persaudaraan antarpegawai perusahaan sehingga bekerja akan terasa lebih mudah dan menyenangkan sehingga hasil yang didapatkannya pun lebih maksimal.
5. Tujuan



Tujuan merupakan prinsip penting yang harus ditaati oleh seluruh pegawai perusahaan. Dengan kata lain, hal yang membuat keempat prinsip lain berjalan dengan baik adalah karena adanya tujuan yang sama dari seluruh pegawai perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar