Pages

Subscribe:

Rabu, 07 Mei 2014

Etika Rapat

1. Etika Dalam Berbicara
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berbicara dalam sebuah rapat, diantarnya:

  1. Membicarakan suatu masalah yang berkaitan dengan tujuan organisasi, perusahaan, instansi, pemerintah, dan lain-lain, yang harus dirundingkan atau didiskusikan secara bermusyawarah.
  2. Setiap pembicaraan ketika rapat berlangsung harus bersifat terbuka (tidak ada yang disembunyikan serta prasangka).
  3. Bahasa harus komunikatif.
  4. Hindarkan monopoli ketika berbicara.
  5. Bahasa yang digunakan jelas, singkat, tepat, dan santun serta dapat dipahami dengan mudah oleh peserta lainnya.

2. Etika Dalam Mendengarkan
Terdapat aturan-aturan atau etika dalam mendengarkan ketika rapat sedang berlangsung. Diantaranya:
  1. Mematikan ponsel.
  2. Bila sangat terpaksa harus menjawab telepon, keluarlah dari ruangan rapat setelah mendapat izin dari pimpinan rapat.
  3. Tidak berbicara dengan peserta lain ketika pimpinan sedang berbicara.

3. Etika Menyampaikan Pendapat
Berikanlah pendapat atau usulan saat pimpinan rapat selesai berbicara atau prensentasi dan setelah dipersilahkan.
  1. Aktif dalam berpendapat, namun tidak memotong pendapat orang lain.
  2. Tidak menjatuhkan pendapat atau usulan yang dipaparkan oleh peserta lainnya.
  3. Gunakan kalimat yang sopan.

4. Etika Menanggapi Pendapat
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanggapi pendapat:
  1. Tidak menjatuhakn pendapat orang lain.
  2. Hindari debat kusir.
  3. Gunakan kalimat yang singkat, jelas, tetapi langsung menarik perhatian para pendengar.

0 komentar:

Posting Komentar