Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika berbicara dalam sebuah rapat, diantarnya:
- Membicarakan suatu masalah yang berkaitan dengan tujuan organisasi, perusahaan, instansi, pemerintah, dan lain-lain, yang harus dirundingkan atau didiskusikan secara bermusyawarah.
- Setiap pembicaraan ketika rapat berlangsung harus bersifat terbuka (tidak ada yang disembunyikan serta prasangka).
- Bahasa harus komunikatif.
- Hindarkan monopoli ketika berbicara.
- Bahasa yang digunakan jelas, singkat, tepat, dan santun serta dapat dipahami dengan mudah oleh peserta lainnya.
2. Etika Dalam Mendengarkan
Terdapat aturan-aturan atau etika dalam mendengarkan ketika rapat sedang berlangsung. Diantaranya:
- Mematikan ponsel.
- Bila sangat terpaksa harus menjawab telepon, keluarlah dari ruangan rapat setelah mendapat izin dari pimpinan rapat.
- Tidak berbicara dengan peserta lain ketika pimpinan sedang berbicara.
3. Etika Menyampaikan Pendapat
Berikanlah pendapat atau usulan saat pimpinan rapat selesai berbicara atau prensentasi dan setelah dipersilahkan.
- Aktif dalam berpendapat, namun tidak memotong pendapat orang lain.
- Tidak menjatuhkan pendapat atau usulan yang dipaparkan oleh peserta lainnya.
- Gunakan kalimat yang sopan.
4. Etika Menanggapi Pendapat
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanggapi pendapat:
- Tidak menjatuhakn pendapat orang lain.
- Hindari debat kusir.
- Gunakan kalimat yang singkat, jelas, tetapi langsung menarik perhatian para pendengar.
0 komentar:
Posting Komentar